May 28, 2022

157 sekolah Double Track di Jawa Timur mengadakan pameran di Jawa Timur Expo International pada tanggal 29 Desember 2019 termasuk salah satunya SMAN 1 Wungu Madiun yang mengeluarkan 5 program yaitu Kecantikan, Tata Boga, TKR, Elektro, dan Multi Media. Kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama antara Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dengan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS). Kegiatan ini merupakan ajang unjuk prestasi keterampilan yang telah dilaksanakan oleh sekolah Double Track di Jawa Timur yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Semoga kegiatan ini membawa dampak positif bagi siswa DT agar meningkatkan prestasinya agar lebih baik lagi. Berikut informasi program Double Track di SMAN 1 Wungu Madiun.

KECANTIKAN

       Program keahlian kecantikan ini diampu oleh Ibu Paramita adapun tujuan dari program keahlian ini bertujuan melatih siswa untuk lebih meningkatkan keterampilan kecantikan khususnya Tata Rias Pengantin Berhijab. Untuk jangka panjang diharapkan siswa dapat menerapkan keterampilan yang diperoleh untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Rangkaian kegiatan dimulai dari teori kemudian praktik di dalam kelas. Masing-masing siswa belajar untuk merias diri sendiri kemudian dapat merias sesama teman.

TATA BOGA

Program keahlian Tata Boga diampu oleh Ibu Rahayu, tujuan dari program keahlian ini adalah dapat melatih siswa untuk lebih meningkatkan keterampilan membuat roti/ kue sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan, untuk selanjutnya berwirausaha sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran. Kegiatan dalam kelas dimulai dengan teori tentang higenitas, dasar membuat roti, adonan dll kemudian dilanjutkan dengan kegiatan praktik. Beberapa produk dihasilkan seperti membuat kue Bolu Gulung Batik, Nastar, Bolen Pisang dan Donat ala Jco. Kreativitas anak sudah sangat baik namun yang perlu ditingkatkan adalah ketelatenan dalam teknik menguleni adonan. Kemudian yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bahan- bahan premium untuk hasil yang lebih baik, diperlukannya ruangan khusus untuk kelas memasak, serta menambah alat untuk lebih menunjang kegiatan seperti oven dan loyang.

TEKNIK ELEKTRO

Program keahlian Teknik Elektro diampu oleh Bapak Bangkit, tujuan dari program ini adalah siswa dapat mengasah life skill / kecakapan hidup, dalam jangka waktu panjang siswa diharapkan dapat penghasilan dari kemampuan memperbaiki alat-alat rumah tangga yang terhubung listrik serta berwirausaha. Kegiatan di dalam kelas, siswa mempelajari dasar dasar elektro, dalam perawatan dan perbaikan alat-alat rumah tangga milik sendiri maupun milik orang lain seperti Magic Com, Setrika, Dispenser dll.

TEKNIK KENDARAAN RINGAN

Program keahlian Teknik Kendaraan Ringan diampu oleh Bapak Rofii, tujuan dari program keahlian ini adalah siswa dapat memiliki keterampilan dalam pemeliharaan dan perbaikan sepeda motor. Kegiatan dimulai dengan teori dari Bapak Rofi’i dan teori serta praktik langsung DU/DI dari Honda AHASS yaitu Bapak Rohmat dan Bapak Roni. Siswa dalam menerima materi sangat antusias dan bersemangat, siswa sudah dapat melaksanakan perbaikan dan perawatan sepeda motor serta menerima service kendaran sepeda motor setiap hari Jumat pada saat siswa DT menerima materi dan praktik TKR tanpa menerima imbalan/service gratis.

MULTIMEDIA

Program keahlian Multimedia diampu oleh Bapak Badra, tujuan dari program keahlian Multimedia ini adalah siswa mampu lebih memahami Desain Grafis khususnya membuat karya desain dalam Adobe dan Corel. Kegiatan program keahlian ini dimulai dengan belajar dasar sablon secara manual, kemudian perkenalan Adobe dan Corel serta membuat desain mug sampai dengan hasilnya, siswa Multimedia sudah banyak menerima order dari pembuatan Mug Karakter untuk souvenir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hi.....Apa yang bisa saya bantu ?